PKn Materi 1

Materi 1 PKn Kelas XII
Konsep Ideologi dan Berbagai Aspeknya

A. Konsep dan Pengertian Ideologi
Ideologi berasal dari bahasa Latin, dari kata idea yang berarti daya cipta sebagai hasil dari buah kesadaran manusia dan logos berarti ilmu. Istilah tersebut berawal dari seorang filsuf Prancis Destutt de Tracy. Dia menjelaskan ideologi adalah ilmu tentang gagasan-gagasan yang memperlihatkan jalan yang benar menuju masa depan. Ideologi juga menagndung makna sebagai falsafah hidup.

1. Pengertian Ideologi
a. Menurut Karl Max, ideologi merupakan alat untuk mencapai kesetaraan dan kesejahteraan bersama dalam masyarakat.
b. Menurut Moerdiono, ideologi dipandang secara harfiah sebagai a system of idea. Ideologi adalah kompleks pengetahuan dan nilai yang keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang untuk memahami jagat raya dan bumi seisinya untuk menentukan sikap dasar untuk mengelolanya.
c. Menurut Machiavelli, ideologi adalah sistem perlindungan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa.

2. Ideologi Negara
Ideologi merupakan hasil refleksi manusia berkat kemampuan dan kemauannya mengadakan distansi terhadap dunia kehidupannya. Oleh karena itu dengan adanya negara, masyarakat dapat secara bersama-sama mewujudkan cita-cita yang bersifat mendasar itu. Di satu pihak, ideologi menjadi realistis dan dipihak lain mampu mewujudkan masyarakat yang ideal. Ideologi mencerminkan cara berfikir masyarakat, bangsa maupun negara, namun juga membimbinga masyarakat menuju cita-cita.
Dalam arti luas Ideologi negara adalah pedoman hidup dalam berfikir baik dalam segi kehidupan pribadi ataupun umum. Dalam arti sempit ideologi adalah pedoman hidup baik dalam berfikir ataupun bertindak dalam bidang tertentu (sunarso, Hs, 1986). Ideologi Negara merupakan consensus (mayoritas) warga negara tentang nilai-nilai dasar negara yang ingin di wujudkan melalui kehidupan negara itu (Heuken, 1998). Ideologi akan mampu bertahan dalam menghadapi perubahan jika mempunyai tiga dimensi yaitu :
a. Dimensi realita yaitu ideology mencerminkan realita kehidupan masyarakat.
b. Dimensi Idealisme yaitu kualitas idealism yang terkandung dalam ideology.
c. Dimensi Fleksibilitas yaitu kemampuan ideologi untuk mempengaruhi dan menyesuaikan diri terhadap perubahan dan perkembangan masyarakat.
Setiap negara berhak dalam memilih sistem pemerintahannya sendiri, di Indonesia juga pernah menerapkan beberapa sistem pemerintahan. Namun, dalam UUD 1945 pasal 28 yang paling cocok dengan kepribadian bangsa Indonesia adalah ideologi terbuka, karena ideologi terbuka dapat berkembang sesuai dengan perubahan zaman dan menjamin kebebasan dan hak asasi warga negaranya dalam mengeluarkan aspirasinya.

3. Unsur-unsur Ideologi
a. Seperangkat gagasan yang disusun secara sistematis
b. Pedoman tentang cara hidup
c. Tatanan yang hendak dituju oleh suatu kelompok
d. Dipegang teguh oleh kelompok yang meyakininya

4. Fungsi Ideologi
a. Struktur kognitif, adalah keseluruhan pengetahuan yang merupakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia kejadian-kejadian di alam sekitar
b. Orientasi dasar dengan membuka wawasan yang memberikan makan serta memberikan makna serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan manusia
c. Norma-norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi sesorang untuk melangkah dan bertindak.
d. Bekal dan jalan bagi seseorang untuk menemukan identitasnya.
e. Kekuatan yang mampu mengamati dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan.
f. Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati, serta memolakan tingkah lakunya sesuai orientasi dan norma-norma yang terkandung didalamnya.

5. Tipe-tipe Ideologi
Ada beberapa ideologi yang berkembang di dunia antara lain : liberalisme, Marxisme, Sosialisme, Anarkisme, Konservatisme dan Totalitarianisme. Terdapat dua tipe ideologi sebagai ideologi suatu negara. Kedua tipe tersebut adalah ideologi tertutup dan ideologi terbuka.
o Tipe pertama adalah ideologi tertutup adalah ajaran atau pandangan dunia atau filsafat yang menentukan tujuan-tujuan dan norma-norma politik dan sosial, yang ditasbihkan sebagai kebenaran yang tidak boleh dipersoalkan lagi, melainkan harus diterima sebagai sesuatu yang sudah jadi dan harus dipatuhi. Kebenaran suatu ideologi tertutup tidak boleh dipermasalahkan berdasarkan nilai-nilai atau prinsip-prinsip moral yang lain. Isinya dogmatis dan apriori sehingga tidak dapat dirubah atau dimodifikasi berdasarkan pengalaman sosial. Karena itu ideologi ini tidak mentolerir pandangan dunia atau nilai-nilai lain.
o Tipe kedua adalah ideologi terbuka. Ideologi terbuka hanya berisi orientasi dasar, sedangkan penerjemahannya ke dalam tujuan-tujuan dan norma-norma sosial-politik selalu dapat dipertanyakan dan disesuaikan dengan nilai dan prinsip moral yang berkembang di masyarakat. Operasional cita-cita yang akan dicapai tidak dapat ditentukan secara apriori, melainkan harus disepakati secara demokratis. Dengan sendirinya ideologi terbuka bersifat inklusif, tidak totaliter dan tidak dapat dipakai melegitimasi kekuasaan sekelompok orang. Ideologi terbuka hanya dapat ada dan mengada dalam sistem yang demokratis.

B. Pancasila sebagai Sebuah Ideologi
1. Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dan Negara Indonesia
Terdapat 4 macam ideologi yaitu :
a. Ideologi konservativ, yaitu ideologi yang memelihara keadaan yang ada (status quo), setidak-tidaknya secara umum walaupun membuka kemungkinan perbaikan dalam hal-hal teknis.
b. Kontra Ideologi, yaitu melegitimasi penyimpangan yang ada dalam masyarakat sebagai yang sesuai atau malah dianggap baik.
c. Ideologi reformis, yaitu ideologi yang berkembang untuk mengubah keadaan.
d. Ideologi revolusioner, yaitu ideologi yang bertujuan untuk merubah seluruh sistem yang ada dalam masyarakat.

2. Pancasila sebagai Ideologi
Ideologi merupakan nilai dasar yang mampu memberi motivasi kuat untuk bangkit dan membina diri dalam memperjuangkan setiap cita-cita bangsa, seperti halnya cita-cita bangsa kita yang tertuang di dalam pembukaan UUD tahun 1945 pada alinea ke IV yaitu :
• Melindungi segenap bangsa indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
• Memajukan kesejahteraan umum
• Mencerdaskan kehidupan bangsa
• Turut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan ,perdamaian abadi dan keadilan sosial
Ideologi Indonesia adalah ideologi Pancasila yang talah menjadikan pancasila sebagai yang di yakini kenaran dan kebaikannya sebagai sumber motivasi perjuangan dalam mencapai cita-cita masyarakat, pemberi semangat hidup sebagai pedoman kenegaraan arah perjuangan, criteria normative dan pengejahwantahan watak serta kepribadian nasional.
Ada 3 jenis ideologi yang di anut oleh Negara-negara di belahan dunia. Ideology tersebut adalah:
1. Ideologi Pancasila
2. Ideologi liberal
3. Ideologi komunis
Ideologi Pancasila dianut oleh Negara Indonesia dan bila kita cermati ideolog ini memiliki ciri-ciri :
• Dalam bidang ekonomi menganut azaz kekeluargaan.
• Dalam bidang social menganut aza kegotongroyongan .
• Dalam bidang politik menganut azaz musyawarah untuk mufakat .
• Dalam bidang agama ,Indonesia adalah Negara yang religious artinya berketuhanan yang maha esa.
Ideologi liberal, ideologi liberal memiliki cirri-ciri :
• Dalam bidang ekonomi menganut azaz kapitalisme yang lebih mengedepankan hak-hak pribadi .
• Dalam bidang politik adanya partai oposisi.
• Dalam bidang social bersifat individualis.
• Dalam bidang agama bersifat sekuler artinya urusan agama adalah urusan pribadi Negara tidak turut ikut campur.
Ideologi komunis, ciri-cirinya antara lain :
• Dalam bidang ekonomi menggunakan system ekonomi terpusat .
• Dalam bidang politik menggunak system politik satu partai.
• Dalam bidang sosial di kenal istilah sama rasa, sama rata, dalam satu kelas sosial
• Dalam bidang agama tidak mengenal tuhan ,adi tidak memounyai agama .

ULANGAN HARIAN
Sifat ulangan : close book
1. Jelaskan pengertian ideologi berdasarkan analisis anda!
2. Jelaskan perbedaan antara ideologi terbuka dengan ideologi tertutup!
3. Ideologi mempunyai peranan penting terhadap keberadaan suatu negara. Jelaskan maksud pernyataan tersebut.
4. Jelaskan macam-macam ideologi yang berkembang di dunia antara lain : liberalisme, Marxisme, Sosialisme, Anarkisme, Konservatisme dan Totalitarianisme!
5. Menurut anda, apakah sebuah negara dapat lahir tanpa ideologi? Jelaskan!
6. Destutt de Tracy merupakan seorang filsuf yang mengemukakan istilah dari ideologi. Jelaskan pendapatnya!

Leave a comment